16 PNS Purna Tugas Terima Dana Pensiun PDF Cetak Surel
Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 
Ditulis oleh Admin2   
Rabu, 11 May 2011 04:17

(BANJARNEGARA) - Untuk memudahkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memasuki masa pensiun dalam mengurus dana TASPEN, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) melakukan upaya terobosan dengan melakukan pelayanan prima yang memungkinkan PNS purna tugas tersebut langsung menerima dana Taspen yang menjadi haknya tanpa harus ke Purwokerto. Bertempat di aula kantor BKD, Senin (09/04), 16 pegawai dari 63 pegawai purna tugas yang menerima SK Pensiun menerima pencairan dana dari PT. Taspen Persero. “Untuk menjamin keamanan, dana Taspen langsung ditransfer ke rekening masing-masing PNS pensiun penerima. Kepada masing-masing penerima hanya diberikan bukti transfer dari pihak bank” urai Kepala Bidang Mutasi dan Kepangkatan BKD, Esti Widodo, SSTP.

Menurut Esti, 16 orang pensiunan yang siang itu menerima dana Taspen merupakan PNS yang memasuki purna tugas terhitung per 1 Mei 2011. Mereka berasal dari PNS Golongan II sampai dengan Golongan IV. Besar dana pencairan Taspen selain ditentukan oleh golongan juga masa pengabdian. “Besar dana Taspen yang dicairkan untuk masing-masing pegawai purna tugas berkisar antara Rp 20 juta sampai dengan 37 juta” katanya.

Sementara ke 47 PNS Purna tugas lainnya merupakan PNS yang memasuki masa pensiun per tanggal 1 untuk bulan Juni, Juli, dan Agustus. “Sehingga untuk mereka dana pensiun diterimakan pada bulan selanjutnya sesuai batas usia pensiun” katanya.

Pemberian SK Pensiun diterbitkan 3 bulan sebelum jatuh tempo, kata Esti, dimaksudkan agar Kenaikan Pangkat Pengabdian dapat disesuaikan dengan gaji pokok baru di DPPKAD. “Selain itu agar tidak terjadi keterlambatan dalam pengurusan dana Taspen” katanya.

Pelayanan satu atap yang sudah berjalan kurang lebih 3 tahun ini, lanjutnya, merupakan kerjasama BKD dengan sejumlah mitra kerja, diantaranya adalah PT. Taspen Persero, BPD, BRI, BTPN, dan PT. Pos. “Sejumlah lembaga tersebut merupakan lembaga yang memberikan layanan kepada para pensiunan” katanya.

Jumlah PNS daerah, lanjutnya, kurang lebih 11 ribu orang dimana setiap tahun ada kurang lebih 365 PNS daerah yang memasuki masa pensiun.”Sampai dengan bulan Mei sudah 178 PNS yang memasuki pensiun” katanya.

Perwakilan PT. Taspen Persero Cabang Purwokerto, Aryadi menyampaikan sesuai aturan para PNS/Pejabat Negera yang berhenti karena telah mencapai batas usia pensiun maka PT. Taspen Persero akan membayarkan Tabungan Hari Tua (THT) dan Pensiun Pertama. Persyaratannya mudah yaitu 15 hari sebelum jatuh tempo, para calon penerima dana Taspen mengisi berkas persyaratan ke BKD. Dari BKD persyaratan tersebut disetor langsung ke PT. Taspen untuk diproses. “Pencairan dana akan dilakukan setiap tanggal 1 setiap bulannya” urainya.

Sementara itu, salah seorang PNS penerima SK Pensiun, Narip dari Bagian Umum Setda menyatakan rasa terima kasihnya kepada jajaran BKD karena telah membuat urusan pencairan dana Taspen ini menjadi lebih mudah dan aman. “Lumayan mas jarak dari Banjar Purwokerto. Kurang lebih 50 km. Bagi orang tua jarak sejauh itu sudah lumayan melelahkan apalagi dibayangi rumitnya sejumlah urusan. Nah, dengan cara ini pencairan lebih mudah, tidak bikin pusing, tidak melelahkan, dan aman” katanya. (**--ebr)

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 11 May 2011 04:46
 

Kuliner Khas Banjarnegara

leye soto  Kacang Jenang purwaceng dawet ayu
You are here