SKPD Diminta Fokus Pada Penyusunan RPJMD dan Renstra SKPD PDF Cetak Surel
Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 
Ditulis oleh Admin2   
Rabu, 02 November 2011 01:19

BANJARNEGARA- Kepala SKPD dan jajarannya diminta fokus terhadap penyusunan RPJMD dan rencana startegis SKPD, karena renstra SKPD harus sinkron dengan RPJMD.

“Untuk menyusun RPJMD yang baik dan berkualitas dibutuhkan satu kecermatan tingkat tinggi sehingga kelemahan sekecil apapun bisa tereliminir, memang sulit menghasilkan satu rumusan RPJMD yang baik sehingga harus betul-betul cermat dalam pembuatannya, selain itu dalam perumusannya juga harus ada rencana A, B dan C,” kata Wakil Bupati Banjarnegara Drs. Hadi Supeno M.Si saat memberikan sambutan pada acara rapat koordinasi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Selasa (1/11) di Aula Sasana Bhakti Praja.

Pada kesempatan yang sama Asisten III Bidang Administrasi Wawang A. Wakhyudi mengatakan sesuai dengan Visi Banjarnegara, maka untuk mencapai visi tersebut berbagai misi ditetapkan. Dan untuk mencapai misi tersebut perlu komitmen dari pemangku kepentingan,” Kata Wawang

Wawang menambahkan secara ringkas RPJMD akan menjawab tiga pertanyaan mendasar selama 5 tahun ke depan dalam masa kepemimpinan bupati yaitu kearah mana daerah akan diarahkan pengembangannya serta pencapaian dalam lima tahun mendatang. Pertanyaan lain yang mendasar adalah bagaimana cara mencapainya serta langkah-langkah strategis yang harus dilakukan.

“Secara umum pelaksanaan pembangunan di tujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pencapaian tersebut dapat ditempuh dengan berbagai upaya yang dituangkan dalam dokumen perencanaan pembangunan,” tambah Wawang

Plt Kepala Bappeda Banjarnegara Drs. Tito Agus Wigono. M.Si pada kesempatan yang sama mengatakan Rapat yang diikuti oleh 80 orang peserta kepala SKPD dan tim penyusun RPJMD tahun 2011 -2016 sebenarnya dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman yang sama diantara pemangku kepentingan dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Banjarnegara tahun 2011-2016. Serta untuk menginformasikan tahapan dan mekanisme penyusunan RPJMD berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 54 tahun 2010. diadakan rapat koordinasi penyusunan RPJMD.

“Penyaji materi kami datangkan dari tim perwakilan BPKP Jawa Tengah dengan metode kegiatan berupa ceramah dan diskusi,” Kata Tito

Sesuai dengan UU No. 25 tahun 2004 setelah dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati maka salah satu perencanaan daerah yang harus mendesak disusun adalah RPJMD.

“Sesuai pasal 19 tentang Perda Banjarnegara No. 15 tahun 2010 tentang tahapan, tata cara penyusunan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah di sebutkan bahwa RPJMD ditetapkan dengan peraturan daerah paling lama 6 bulan sejak bupati dilantik,” tambahnya.***(anhar)

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 02 November 2011 01:37
 

Kuliner Khas Banjarnegara

leye soto  Kacang Jenang purwaceng dawet ayu
You are here