Semua PNS Wajib Apel PDF Cetak Surel
Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 
Ditulis oleh Admin2   
Rabu, 26 September 2012 01:00

(BANJARNEGARA) - Semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) wajib apel karena apel merupakan bagian dari ketentuan disiplin PNS sesuai PP No. 53 tahun 2010 yaitu ketentuan untuk memenuhi jam kerja. Demikian ditegaskan oleh Wakil Bupati Drs. Hadi Supeno, M. Si., beberapa waktu lalu saat apel pagi di Kecamatan Pandanarum.

“Ketentuan tersebut mengikat semua PNS. Nanti kalau satu bidang pekerjaan diijinkan untuk tidak mengikuti apel, bisa jadi bidang pekerjaan lain pun memintanya dengan alasan masing-masing minta keringanan untuk tidak mengikuti apel. Kalau semua dikabulkan, apa jadinya dengan pemerintahan kita” katanya.

Memang saya mengakui, lanjut Wabup, bahwa system kita masih memungkinkan ada pegawai yang setelah apel keluar dan kemudian masuk lagi pada saat apel pulang. Ataupun mereka yang masuk kantor namun tidak banyak pekerjaan yang dikerjakannya selama di kantor, namun apel tetap menjadi bagian dari syarat disiplin yang digariskan sesuai PP No. 53 Tahun 2010 yang harus dipenuhi semua PNS.

“Mereka yang hanya mengutamakan apel masuk dan apel pulang, namun tidak berbuat banyak di bidang pekerjaannya di lingkungan kerja saya dulu diistilahkan dengan Kompi 701. Berangkat pukul 07.00, kerja kosong, pulang jam satu” katanya.

Jam kerja PNS, lanjutnya, ditentukan dalam satu minggu banyaknya 37,5 jam dengan ketentuan Hari Senin - Kami mulai pukul 07.30 - 14.30, hari Jumat 07.30 - 11.00, sedangkan untuk hari Sabtu dari pukul 07.30 - 13.30 WIB. Jumlah itu wajib dipenuhi oleh semua PNS.

Sementara itu, Sekretaris Daerah, Drs. Fakhrudin Slamet Susiadi, M. Si., dalam apel pagi di halaman Setda, Selasa (25/09) menjelaskan upaya pihaknya dalam menata disiplin PNS di lingkungan perkantoran Setda sebagai sentral kantor pemerintahan.

Salah satu upaya tersebut adalah dengan mengatur system keluar masuk lingkungan perkantoran dengan hanya satu pintu melalui gerbang utama di depan. Dimana pintu gerbang akan ditutup saat apel pagi dimulai, sehingga bagi mereka yang terlambat tidak dapat masuk lingkungan kantor sampai apel selesai. Selain itu, imbuhnya, bagi pegawai yang terlambat juga mempunyai resiko dicatat oleh petugas dari bagian organisasi. Dimana catatan tersebut akan berguna untuk menentukan kebijakan selanjunya.

“Kebijakan ini dimaksudkan dalam rangka memberi rasa keadilan bagi teman-teman pegawai yang telah displin masuk kantor” katanya.

Berkait dengan perubahan system akses masuk kantor satu pintu, kata Fakhrudin, mempunyai tujuan lain agar halaman depan Setda juga dikosongkan dari parkir kendaraan. Semua parkir kendaraan diarahkan di samping kantor dan di halaman belakang kantor sehingga parkir kendaraan tertata rapi.

Tindakan ini diambil untuk mengantisipasi semrawutnya parkir di halaman depan Setda sehingga halaman muka nampak lebih lapang dan rapi. Kebijakan ini, katanya, tidak akan mengganggu pelayanan.

“Selain itu, langkah ini juga dimaksudkan untuk mengantisipasi sering hilangnya sejumlah barang bawaan kendaraan bermotor yang diparkir seperti helm, jaket dan barang bawaan lainnya. Harapannya dengan satu akses pintu masuk, maka semua orang yang masuk akan mudah dipantau kegiatannya” katanya. (*_*--eko br)

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 26 September 2012 01:07
 

Kuliner Khas Banjarnegara

leye soto  Kacang Jenang purwaceng dawet ayu
You are here