Sosialisasi Infrastruktur Hijau PDF Cetak Surel
Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 
Ditulis oleh Admin2   
Rabu, 05 Desember 2012 02:22

(BANJARNEGARA) - Sosialisasi pengembangan infrastruktur hijau pada lokasi strategis, Sabtu (01/12) diselenggarakan oleh Satker pusat pengelolaan eko region Jawa Kementrian Lingkungan Hidup Yogyakarta di alun-alun kota Banjarnegara.

Menurut Ketua Penyelenggara Kabag TU KLH Satker Eko Region Yogya, Dina Mansyur kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pemberian bantuan fisik yang dilaksanakan di 41 Kabupaten/kota se Jawa.

“Bantuan diberikan berupa bantuan fisik biogas yang berkaitan dengan pengurangan beban pencemaran lingkungan maupun rehabilitasi lahan” katanya.

Kabupaten Banjarnegara, lanjutnya, menerima bantuan berupa satu set pengolah sampah ke desa Bojanegara, Kecamatan Sigaluh; satu set alat pengolah biogas tinja ke Lembaga Pemasyarakatan; satu set alat biogas air kencing sapi ke Somawangi Mandiraja; Karangkobar; Jenggawur, Banjarmangu; Wanakarsa-Wanadadi, serta Sirukun, Kalibening.

“Salah satu sasaran pemberian bantuan tersebut adalah merangsang tumbuhnya budidaya pertanian organic. Logikanya, pertanian organic, memungkinkan tumbuh dengan baik jika ditopang oleh masyarakat yang telah terlebih dahulu akrab dengan pengolahan limbah, baik padat maupun cair menjadi pupuk organik” katanya.

Wakil Bupati Drs. Hadi Supeno, M. Si., menyatakan bahwa kita memiliki 10 pasar besar, namun dari semua pasar tersebut pengelolaan sampah menjadi masalah yang banyak dikeluhkan. Dari kegiatan ini saya berharap ada inisiatif bagaimana caranya mengubah tumpukan sampah di pasar-pasar tersebut agar dapat dirubah menjadi added value.

“Saya kira dari kegiatan hari ini kita diberi pengetahuan bahwa sampah dan air seni sapi setelah diolah ternyata masih dapat menjadi sesuatu hal yang berguna bagi kehidupan. Dari itu saya melihat peluang, bahwa sampah-sampah pasar yang diproduksi setiap hari atau setiap hari pasaran dalam jumlah luar biasa tersebut, kenapa tidak kita olah menjadi pupuk atau biogas yang hasilnya justru sangat bernilai dan bermanfaat serta ramah lingkungan” katanya. (**--eko br)


Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 05 Desember 2012 02:29
 

Kuliner Khas Banjarnegara

leye soto  Kacang Jenang purwaceng dawet ayu
You are here