Miniatur Candi Dieng Menjadi Souvenir Terbaik PDF Cetak Surel
Penilaian Pengguna: / 4
JelekBagus 
Ditulis oleh Admin2   
Sabtu, 01 Juni 2013 02:04

Lomba Souvenir khas Banjarnegara
BANJARNEGARA-Miniatur Candi Dieng karya Untung Yulianto menjadi pilihan juri untuk memenangi lomba souvenir/cinderamata khas Banjarnegara di Pendopo Dipayudha Adigraha Kamis (30/5). Sedangkan Souvenir Arung Jeram karya Jarwo menjadi plihan kedua. Souvenir Dawet Ayu karya Dara Yustika menjadi pilihan ketiga Juri dalam lomba tersebut.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Banjarnegara Teguh Handoko mengatakan sebanyak 34 peserta dari kalangan pelajar, guru, ibu rumah tangga, pengrajin dan pecinta pariwisata mengikuti lomba souvenir khas Banjarnegara tersebut. Mereka memamerkan 62 buah souvenir untuk dilombakan.

“Juri akan mengambil 5 karya terbaik pada lomba tersebut. Juara lomba mendapatkan hadiah sebesar Rp. 3 juta , dan piagam penghargaan untuk juara I. sedangkan Juara II mendapatkan Rp. 2 Juta, juara III Sebesar Rp. 2 Juta,” kata Teguh.

Teguh menambahkan lomba dimaksudkan untuk mewujudkan souvenir atau cinderamata khas Banjarnegara dalam rangka mengembangkan pariwisata di Banjarnegara agar mampu sebagai penggerak utama roda perekonomian.

Dari lomba tersebut Teguh juga berharap kreatifitas masyarakat pembuat souvenir meningkat sehingga dapat menjadi produk unggulan dan icon Banjarnegara.

“Souvenir khas Banjarnegara ini di harapkan juga menjadi pendukung event Festival Serayu Banjarnegara 2013,” lanjut Teguh.

Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo pada kesempatan tersebut mengatakan pariwisata memegang peranan penting  dalam pembangunan  daerah. Karena pariwisata menciptakan lapangan kerja baik langsung maupun multiplier effectnya. Dan untuk mendukung sektor pariwisata salah satunya adalah adanya souvenir atau cinderamata khas suatu daerah yang menjadi  daya tarik wisatawan baik domestic maupun mancanegara.

“Sebagai langkah nyata dalam mendukung pengembangan pariwisata, Dekranasda mengadakan lomba cinderamata khas Banjarnegara, selain mendukung pariwisata lomba ini diharapkan mampu memacu dan menumbuhkan masyarakat dalam mengekspresikan karya seni dan ide kreatif yang selama ini belum tergali,” kata Bupati Sutedjo .

Lebih lanjut Bupati juga meminta agar potensi khasanah Banjarnegara terus di gali sebagai pendukung perekonomian daerah.

“Promosikan potensi Banjarnegara pada setiap kesempatan agar dunia pariwisata Banjarnegara terus meningkat. Untuk mendukung semua itu juga di butuhkan kreatifitas masyarakat dan para pengrajin,” lanjut Sutedjo.

Terkait dengan lomba, Sutedjo meminta agar kreativitas peserta dalam membuat souvenir terus dikembangkan  sehingga mampu menambah variasi souvenir di Banjarnegara.(**anhar)

Terakhir Diperbaharui pada Sabtu, 01 Juni 2013 02:14
 

Kuliner Khas Banjarnegara

leye soto  Kacang Jenang purwaceng dawet ayu
You are here