Survey Pasar Jelang Ramadhan PDF Cetak Surel
Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 
Ditulis oleh Administrator   
Kamis, 12 Agustus 2010 23:45

Sehari jelang Ramadhan, harga-harga kebutuhan pokok di Banjarnegara cenderung stabil. Kesimpulan ini merupakan hasil survey Tim Perekonomian Pemkab Banjarnegara, Selasa (10/08), usai melakukan survey di tiga tempat yaitu Pasar Kota Banjarnegara, Pasar Mandiraja dan Pasar Purworejo Klampok.

“Survey pasar ini dimaksudkan untuk memantau harga jelang Ramadhan dan juga untuk memantau kemungkinan adanya peredaran barang-barang kadaluarsa serta daging gelondongan” urai Triatmojo Ponco Nugroho, SE, ME, Kasubag Pengembangan Industri Perdagangan Koperasi dan UMKM Bagian Perekonomian Setda Banjarnegara di ruang kerjanya.

Survey yang dilakukan bersama dengan Dintankannak, Satpol PP dan Indagkop ini tidak menemukan indikasi adanya barang kadaluarsa beredar memenuhi pasar memanfaatkan moment ramainya pasar menjelang bulan puasa. Trend seperti ini, lanjut Ponco, seringkali terjadi di saat pasar ramai menjelang perayaan hari besar keagamaan.

“Biasanya kalau di Pasar Kota Banjarnegara ditemukan kasusnya, di kedua pasar yang kita survey juga akan ditemukan kasus yang sama. Sepertinya dapat menjadi ukuran. Akan tetapi hari ini kita tidak menemukannya” imbuhnya.

Di ketiga tempat tersebut, juga tidak ditemukan beredarnya tahu berformalin dan makanan sejenisnya. Sedangkan berkait dengan peredaran daging sapi dan ayam serta mewasdai kasus-kasus yang marak di luar daerah, kata Ponco, Pemkab menetapkan pengawasan yang ketat atas peredaran kedua jenis daging tersebut. “Ini untuk menghindari masuknya daging gelonggongan serta daging sapi dan ayam mati” imbuhnya.

Sementara itu perkembangan harga-harga kebutuhan pokok di ketiga pasar tersebut secara umum menunjukkan kestabilan harga. Gula pasir dijual pada harga Rp 10.000;-/kg, masih sama dengan hasil survey bulan Juli dan Agustus lalu. Tepung Terigu klas bagus masih dijual pada harga Rp 7.000;-/kg. Telor ayam per kilogram juga masih berada pada kisaran Rp 14.000'-/kg. Untuk Beras, kata Ponco, dengan sample Barito kelas baik harga masih berada pada kisaran Rp 8.500;-/kg.

“Hanya di kelompok daging yang menunjukkan kenaikan sedikit. Harga daging sapi per kilogramnya naik Rp 3.000;- dari semula Rp 65.000;-/kg kini berada pada kisaran Rp 68.000;-. Daging ayam potong utuh masih sama Rp 25.000;-/kg. Kenaikan untuk daging ayam potong yang naik Rp 1000;- menjadi Rp 26.000;-/kg.” urainya. (**--ekobr)

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 12 Agustus 2010 23:48
 

Kuliner Khas Banjarnegara

leye soto  Kacang Jenang purwaceng dawet ayu
You are here