Poltek Banjarnegara Selenggarakan Capping Day PDF Cetak Surel
Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 
Ditulis oleh Administrator   
Sabtu, 19 Februari 2011 12:14

(BANJARNEGARA) - Politeknik Banjarnegara dituntut untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam bidang pendidikan tenaga kesehatan yang bermutu sehingga menghasilkan tenaga Bidan yang profesional, memiliki disiplin yang tinggi, berdedikasi serta mampu bersaing di era global. Persaingan era global tersebut menuntut penguasaan kecakapan berbahasa asing.

Oleh karena itu, penguatan keterampilan bahasa Asing sebagai bahasa kedua bagi mahasiswi kebidanan menjadi suatu hal penting.


Di sisi lain, penguasaan kecakapan bahasa Asing tersebut juga berarti memperluas pangsa pasar lulusan kebidanan. “Orientasinya tidak lagi local, regional atau nasional. Tapi internasional” kata Dr. Rorry Hartono, Sp.F, MH dari Dinkes Propinsi Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikannya di depan tamu undangan, akademisi, orang tua mahasisiwi dan mahasiswi kebidanan Poltek Banjarnegara pada kegiatan Pemasangan Kap Profesi dan Pengucapan Janji Bidan di Hall Surya Yudha Sport Center, Kamis lalu.

Pendidikan tenaga kesehatan, lanjutnya, mempunyai tanggung jawab untuk mempersiapkan peserta didik untuk menjadi tenaga kesehatan berjiwa nasional yang dapat diandalkan secara profesional dan memiliki rasa etis guna mengemban tugas dalam melaksanakan pembangunan. “Profesionalisme dan etika bidan penting ditekankan sejak mahasiswi memasuki profesi bidan ini karena seringkali dari kedua hal tersebut menjadi sebab terjadinya mal praktek” katanya.

Rektor Politeknik Dr. Sugiarto mengatakan Politeknik Banjarnegara sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi yang baru terus senantiasa berjuang meningkatkan mutu jajaran akademisinya, baik peningkatan kualitas tenaga pengajar maupun mahasiswinya. “Upaya tersebut diantaranya ditempuh melalui kerjasama dengan Lembaga-lembaga Pergurutan Tinggi lain, Pusat-pusat penelitian, dan Swasta, baik berupa kerjasama akademis maupun penelitian” katanya.

Untuk kelengkapan praktikum, Poltek memiliki laboratorium kebidanan lengkap yang dilengkapi peralatan praktek kebidanan paling modern seperti boneka untuk simulasi kelahiran yang mirip sekali dengan kondisi sebenarnya dan juga alat USG tiga dimensi. “Dengan kelengkapan yang dimiliki, ke depan Poltek berencana membangun mini hospital” katanya.

Sementara itu, menurut Ima Syamrotul M, S. SIT, Ketua Jurusan Prodi Kebidanan Poltek Banjarnegara, kegiatan Pemasangan Kap Profesi dan Pengucapan Janji Bidan diikuti oleh 76 mahasiswi kebidanan semester I angkatan tahun pelajaran 2010/2011 yang akan menjalani praktek belajar di Rumah Sakit-Rumah Sakit di Kabupaten Banjarnegara dan sekitarnya. “Capping Day menjadi tanda paling awal memasuki profesi kebidanan bagi mahasiswi-mahasiswi Politeknik Banjarnegara” ujarnya.

Tujuan dari kegiatan capping day ini, lanjutnya, adalah sebagai kelengkapan uniform bagi mahasiswi untuk menjalankan praktek lapangan di rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. “Dengan kelengkapan uniform tersebut diharapkan dapat mempertinggi rasa percaya diri mahasiswi dan masyarakat yang di layani” katanya. (**--ekobr)

Terakhir Diperbaharui pada Sabtu, 19 Februari 2011 12:30
 

Kuliner Khas Banjarnegara

leye soto  Kacang Jenang purwaceng dawet ayu
You are here