Manasik Haji Massal PDF Cetak Surel
Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 
Ditulis oleh Admin2   
Sabtu, 25 Juni 2011 02:44

(BANJARNEGARA) -Sekretaris Daerah Drs. Fahrudin Slamet Susetyo, MM mewakili Bupati membuka Bimbingan Manasik Haji Massal I yang pembukaannya dilangsungkan di di Pendopo Dipayudha Adigraha, Kamis (23/06).

Kegiatan tersebut direncanakan berlangsung selama 11 hari dari tanggal 28 Juni sampai dengn 28 Juli 2011. “Kegiatan manasik haji ini diselenggarakan dengan harapa dapat membantu Saudara-saudara dalam pelaksanaan ibadah nantinya” kata Fahrudin.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara juga memfasilitasi pemberangkatan calon jamaah Haji dari Kabupaten Banjarnegara sampai asrama Haji Donohudan Solo. Untuk tahun ini, karena APBD tak mencukupi untuk membeli baju seragam  Batik maka sebagai gantinya pembuatan paspor jamaah dibyaai oleh Penerintah. “Banjarnegara satu-satunya kabupaten yang menyediakan fasilitas pemberangkatan haji dengan menggunakan dana APBD” katanya.

Kepala Kantor Kemenag Propini, Drs. KH. Imam Haromain As'yari, M. Si mengungkapkan untuk tahun ini kuota Jawa Tengah tidak beranjak dari tahun sebelumnya. Melihat kecenderungannya, makin tahun peminat jamaah peminat haji memang luar biasa. Hal tersebut tentu menggembirakan, hanya saja jangan sampai terjebak pemahaman haji sebagai bagian dari budaya. Pergi haji bukan karena alasan iman.“Penting diperhatikan adalah semangat untuk haji, sehingga pengertian haji disini adalah haji merupakan ibadah” katanya.

Secara keseluruhan, baik jamaah haji asal jawa tengah maupun Indonesia, masih didominasi orang-orang tua. Barangkali karena kebanyakan orang lebih meninggikan prioritas lain dibandingkan ibadah haji. Ada kesalahan pemahaman, pergi haji ya nanti nunggu tua. “Dasar Ibadah haji setelah niat adalah mampu. Sedangkan pengertian mampu ini masing-masing orang akan berbeda. Semua kembali ke nurani” katanya.

Sementara itu, menurut Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Banjarnegara, Mohamat Fauzi, SH., mayoritas jamaah Haji tahun 1432 H asal Banjarnegara juga memberikan gambara umum didominasi oleh jamaah berusia tua. Dari 471 orang yang berusia di tas 50 tahun, 188 diantaranya berusia di atas 60 tahun. Jamaah usia muda yang berada di interval usia 20 - 40 tahun sejumlah 63 orang. “Satu orang jamaah berusia di bawah umur 20 tahun” kata di kantornya, Kamis (23/06).

Bila dicermati dari struktur pendidikan jamaah, maka jamaah yang berlatar belakang pendidikan SD masih mendominasi, sama seperti halnya pada tahun-tahun sebelumnya. Tercatat jamaah yang berlatar belakang SD mencapai angka 305 orang, SLTP 97 orang, SLTA 134 orang, D2-D3 sejumlah 118 orang, S1 81 orang, dan S2/S3 mencapai 10 orang. Sedangkan bila dilihat dari klasifikasi jenis pekerjaan, maka profesi jamaah terbanyak adalah petani sejumlah 197 orang, disusul PNS 145 orang, Pensiunan 115 orang, Ibu Rumah Tangga 115 orang, Pedagang 98 orang, swasta 63 orang, BUMN 6 orang dan TNI/POLRI 4 orang. (**--ebr)

Terakhir Diperbaharui pada Sabtu, 25 Juni 2011 03:01
 

Kuliner Khas Banjarnegara

leye soto  Kacang Jenang purwaceng dawet ayu
You are here