Thu10172019

Last updateThu, 17 Oct 2019 8am

Video Banjarnegara

Back You are here: Home Berita Sosial Budaya Lomba MAPSI Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Berlangsung Meriah

Lomba MAPSI Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Berlangsung Meriah

BANJARNEGARA - Sebanyak 74 sekolah dari SMP negeri maupun swasta se-Banjarnegara ikut serta dalam Lomba Mata Pelajaran dan Seni Islami (Mapsi) ke-9 di Aula indoor SMP Negeri 1 Bawang, Sabtu (5/10). Penyelenggara lomba, Wiwi Indrawati, mengatakan ada enam cabang lomba yang diperlombakan. "Terbagi atas individu dan kelompok," ungkapnya. "Cabang kegiatan yang dilombakan terdiri dari Cerdas Cermat Islam (CCI), tilawah putra-putri, tartil putra-putri, Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) putra-putri, kaligrafi putra-putri, dan rebana (kelompok).

Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP, Yusman mengatakan kegiatan Mapsi digelar dalam rangka memotivasi peserta didik dalam mengamalkan ajaran Islam. ''Dengan demikian, pembelajaran pendidikan agama Islam tidak melulu dilaksanakan di dalam kelas. Tapi juga melalui kegiatan kompetisi agar pengetahuan Islam peserta didik dapat terus berkembang,''' jelasnya. Dia menyebutkan, bagi siswa dan kelompok yang meraih juara I dalam lomba ini, kelak akan menjadi wakil Kabupaten Banjarnegara dalam lomba Mapsi tingkat Jawa Tengah yang akan dilaksanakan Oktober di Kabupaten Rembang. ''Tahun lalu, kita hanya berhasil meraih Juara I harapan grup rebana di tingkat provinsi.

Melalui pembinaan dan dan pemusatan latihan di MGMP PAI, dia berharap dalam Mapsi tingkat Provinsi Jateng tahun ini kontingen asal Banjarnegara bisa mendapat Juara 1 untuk salah satu kategori lomba, atau bahkan lebih. ''Mohon doanya, agar harapan kita bisa terkabul,'' jelas Yusman.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olah Raga, Noor Tamami dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada MGMP PAI SMP Banjarnegara yang sudah menginisiasi terselenggaranya lomba Mapsi tingkat kabupaten. ''Saya berharap kegiatan ini mampu melahirkan generasi-generasi muda yang cerdas berprestasi berkarakter dan memiliki akhlak mulia,'' katanya.

Adapun yang berkesempatan maju lomba ke tingkat provinsi adalah sbb :

1. LCCI : SMPIT Permata Hati

2. Tilawah Putra : SMPN 1 Punggelan

3. Tilawah Putri : SMPN 1 Wanadadi

4. Tartil Putra : SMP Ma'arif 1 Karangkobar

5. Tartil Putri : SMPN 1 Kalibening

6. Tahfidz Putra : SMPN 2 Banjarmangu

7. Tahfidz Putri : SMPN 1 Kalibening

8. Kaligrafi Putra : SMPN 1 Wanadadi

9. Kaligrafi Putri : SMPN 1 Punggelan

10. Rebana : SMPN 1 Bawang.

*(Muji P/Dinkominfo)*

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan