Mon10142019

Last updateMon, 14 Oct 2019 10am

Back You are here: Home ILPPD Tahun 2016 G. Bidang Pariwisata
Tuesday, 11 July 2017 08:54

G. Bidang Pariwisata

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Pengembangan kepariwisataan memerlukan objek destinasi pariwisata yang mempesona, pemasaran dan travel wisata, fasilitas penginapan, serta kuliner dan cindera mata yang khas. Kepariwisataan secara khusus dilaksanakan untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan lama tinggal wisatawan dalam rangka peningkatan PAD, dan meningkatkan kesejahteraan bagi para pelaku pariwisata serta dalam rangka mendukung Jateng Gayeng 2016.

Obyek wisata di wilayah Banjarnegara yang masih menjadi daerah destinasi wisata unggulan adalah wisata alam di DT Dieng dengan daya tarik utamanya yaitu Kompleks Candi Arjuna dan wisata alam meliputi Kawah Sikidang, Kawah Sileri, Telaga Merdada, dan sumur Jalatunda. Destnasi Kedua adalah TRMS Serulingmas sebagai wahana konservasi satwa dan edukasi masyarakat. Raperda TRMS Serulingmas telah dibahas, dan proses pembentukan TRMS Serulingmas menjadi BUMD telah mulai dilaksanakan walaupun masih belum selesai mengingat proses masih harus menginjak masa transisi pengelolaan.

Wisata hobi arung jeram yang dikembangkan oleh Pikas Banyuwoong, Serayu Adventure Indonesia (SAI) dan Surya Yudha telah menjangkau wisatawan luar daerah dan wisatawan asing. Pengelolaan wisata Waduk Mrica dan Kolam Renang Anglir Mendung sebagai objek wisata yang dikelola masyarakat pun terus berbenah. Kemudian ODTW Curug Pitu dan Giri Tirta secara khusus dikembangkan pengelolaan sarprasnya. Dieng Water Park d'Qiano yang menyuguhkan air panas alami dengan beberapa kolam seperti kolam permainan, kolam refleksi dan terapi, serta kolam arus. Selain itu tersedia area outbond untuk anak.

Promosi pariwisata secara gencar masih dilakukan dengan cara yang sama dengan tahun lalu. Yakni, Pemilihan Duta Wisata, pembuatan media leaflet, web hosting, baliho, dan dokumentasi visual objek wisata dan pemberitaan melalui media cetak dan elektronik serta tour promosi di kota-kota besar. Tidak lupa, kumpul-kumpul para penggiat pariwisata yang bekerjasama dengan para pelaku usaha dan badan promosi daerah. Yang paling gencar adalah peningkatan intensitas pengelolaan teknologi informasi dan sosial media sebagai sarana promosi pariwisata Kabupaten banjarnegara.

Berbagai upaya dan langkah kreatif untuk mendatangkan wisatawan baik wisatawan lokal maupun luar daerah pada tahun 2016 telah menarik wisatawan lebih dari sejuta wisatawan. Angka kunjungan wisatawan terus naik karena faktor rekreasi sudah menjadi kebutuhan masyarakat dan pesona destinasi unggulan wisata KWDT Dieng, Surya Yudha Park, wisata air hangat d'Qiano, TRMS Serulingmas, Serayu Rafting serta Dieng Culture Festival dan Festival Serayu Banjarnegara. 

Read 896 times
admin2

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Wisata

Pariwisata di banjarnegara
Pariwisata
Banjarnegara

Perkebunan

POHON KARET
Perkebunan &
Kehutanan

Pertanian

Potensi
Pertanian

Industri

Potensi Perindustrian di Banjarnegara
Potensi
Industri

Pertambangan

Potensoi Pertambangan
Potensi
Pertambangan